Fakta! Tren Hidup di Apartemen Makin Meningkat dan Siapapun Harus Siap

Apartemen adalah telah menjadi tren hunian para pekerja ataupun keluarga muda masa kini apalagi di kota metropolitan seperti Jakarta. Wajar bila apartemen Jakarta murah menjadi buruan banyak orang. Sudah cukup lama masyarakat kota mengenal bangunan vertikal seperti apartemen. Namun bisa dibilang pembangunannya semakin pesat dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan tak hanya di pusat kota, pembangunan apartemen juga sudah merambah ke kawasan pinggiran.


Karenanya, kini apartemen tak hanya menjadi hunian orang kaya saja. Mulai banyak mereka dari kalangan ekonomi menengah juga pada akhirnya memutuskan untuk tinggal di apartemen. Alasan yang mendasarinya beragam. Umumnya karena harga rumah tapak yang begitu mahal dan mencari hunian dekat tempat kerja.

Untuk tahun-tahun mendatang, tak salah jika diprediksikan tren hidup di apartemen semakin meningkat. Pasalnya, permintaan hunian di kota besar cenderung terus meninggi, dan ini tidak berjalan beriringan dengan ketersediaan lahan untuk membangun rumah tapak yang semakin terbatas. Sehingga bangunan apartemen yang vertikal menjadi pilihannya.

Permintaan yang tinggi terhadap apartemen juga akan mendongkrak harga jualnya. Jika Anda terpikir untuk membeli apartemen, jangan terlalu menundanya sebelum harganya naik. Seperti halnya rumah, apartemen juga mengalami kenaikan harga yang signifikan dari waktu ke waktu. Dengan tinggal di apartemen, sebetulnya Anda juga memperoleh sejumlah keutungan.

Sebagai hunian dan investasi

Apartemen saat ini memiliki fungsi ganda, yang pertama sebagai hunian dan yang kedua sebagai sebuah investasi. Anda bisa menghuni apartemen yang Anda beli selama yang Anda mau. Saat Anda ingin pindah ke apartemen yang lebih besar atau sudah ingin berganti hunian, maka fungsi kedua apartemen yakni sebagai investasi akan mulai bekerja.

Anda bisa menjual apartemen yang Anda miliki tersebut dengan harga yang lebih mahal. Apalagi jika letaknya berdekatan dengan pusat perbelanjaan, perkantoran dan juga sekolah. Harganya bisa naik drastis dari harga ketika Anda membelinya. Kalaupun tidak dijual kembali, apartemen tersebut bisa disewakan kepada orang lain. Dengan begitu, unit apartemen yang dimiliki dapat mendatangkan penghasilan pasif untuk Anda.

Lokasi yang strategis

Apartemen juga semakin dilirik karena lokasinya. Ya, sangat sulit menemukan rumah tapak yang terjangkau di kawasan perkotaan yang strategis. Bangunan apartemen lumrahnya dibangun di tengah keramaian seperti di sekitar pusat perkantoran, pusat perdagangan, pusat pendidikan, dan rumah sakit besar. Lokasinya yang strategis memberi kemudahan akses bagi para penghuni dalam menjangkau berbagai tempat dari pusat kota.

Harganya yang relatif terjangkau

Harga yang dibanderol untuk bisa mendapatkan sebuah apartemen memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan rumah. Untuk tipe studio, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 100 juta-an untuk sebuah apartemen jakarta murah. Jika Anda menginginkan tipe yang lebih besar, mungkin tipe 1BR atau 2BR bisa jadi pilihan yang tepat. Kisaran harganya mulai dari Rp 300 juta-an.

Keamanan terjamin

Penjagaan yang ada di apartemen memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Apartemen beserta kendaraan yang ada di dalam akan dijaga full 24 jam tanpa jeda. Apartemen juga biasanya memiliki CCTV tambahan agar jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, bisa langsung dicek rekamannya. Namun hal ini jarang terjadi. Beberapa partemen masa kini juga dilengkapi dengan kartu akses, di mana orang yang bukan penghuni tidak bisa sembarangan masuk ke dalam apartemen tanpa seizing pengelola. Hal ini tentunya guna memberikan rasa aman dan kenyamanan lebih bagi para penghuni.